
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan
ketentuan menyembelih binatang
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa
dapat menjelaskan ketentuan dalam menyembelih binatang
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam
menyembelih binatang
D. Materi Pembelajaran
§
Penyembelihan
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi:
Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar penyembelihan,
qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§
Salah
seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat
pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket
Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
gelas, piring
§
Bahan: LKS, Bahan Presentasi, binatang kecil (burung
dara)
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan ketentuan dalam menyembelih binatang
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam
menyembelih binatang
§
Siswa dapat mempraktekkan cara menyem-belih binatang
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan ketentuan dalam
menyembelih binatang!
§
Jelaskan hal-hal yang disunatkan dalam menyembelih binatang!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menjelaskan ketentuan qurban
C.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa
dapat menjelaskan pengertian Qurban
dan dalilnya
§ Siswa
dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Qurban
§ Siswa
dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
§
Siswa dapat menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
D.
Materi
Pembelajaran
§
Qurban
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi:
Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar penyembelihan,
qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§
Salah
seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber
belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket
Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan Presentasi, binatang qurban (Kambing)
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
menjelaskan pengertian Qurban
dan dalilnya
§
Siswa dapat
menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Qurban
§
Siswa dapat
menjelaskan hal yang disunatkan dalam qurban
§
Siswa dapat
menjelaskan waktu pelaksanaan qurban
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan pengertian Qurban dan dalilnya!
§
Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai
untuk Qurban!
§
Jelaskan hal yang disunatkan dalam qurban!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 Menjelaskan ketentuan aqiqah
C.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat
menjelaskan pengertian Aqiqah dan
dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan
syarat-syarat binatang yang dapat dipakai untuk Aqiqah
§
Siswa dapat menjelaskan hal yang disunatkan dalam aqiqah
D.
Materi
Pembelajaran
§
Aqiqah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi:
Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar penyembelihan,
qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§
Salah
seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber
belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket
Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan Presentasi,
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya
§
Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat binatang yang
dapat dipakai untuk Aqiqah
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam aqiqah
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan pengertian Aqiqah dan dalilnya!
§
Jelaskan syarat-syarat binatang yang dapat dipakai
untuk Aqiqah!
§
Jelaskan hal-hal yang
disunatkan dalam aqiqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Mempraktekkan tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Mempraktek-kan tatacara qurban dan aqiqah
C.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa menunjukkan
contoh qurban dan aqiqah
§
Siswa dapat mendemonstrasikan qurban dan aqiqah
D.
Materi
Pembelajaran
§
Praktek tentang Qurban
dan Aqiqah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah
§ Diskusi:
Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi penyembelihan, qurban dan aqiqah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari
seputar penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang penyembelihan, qurban
dan aqiqah. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan penyembelihan, qurban dan aqiqah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§
Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§
Salah
seorang siswa mempraktekkan penyembelihan, qurban dan aqiqah
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan (fase
elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi penyembelihan, qurban
dan aqiqah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian penyembelihan, qurban
dan aqiqah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber
belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket
Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD,
§
Bahan: LKS, Bahan Presentasi,
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa menunjukkan contoh qurban dan aqiqah
§
Siswa dapat mendemonstrasikan qurban dan aqiqah
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
|
§
Sebutkan contoh qurban
dan aqiqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar